Rabu, 09 Desember 2015


Tugas Online Kewirausahaan ke-4
 

RENCANA PRODUKSI


Untuk rencana rumah makan ini akan didirikan pada tanah seluas 300 m2, yang terdiri dari ruang masak, ruang makan untuk pembeli, ruang manager, serta ruang VIP ada 2 kamar.
Untuk bahan baku makanan yang akan kami olah dirumah makan ini, berupa rempah-rempah dari bahan makanan yang sering digunakan. Seperti cabe, rempah-rempah (kunyit, jahe, lengkuas, daun jeruk, sereh, ketumbar, merica dan lain sebagainya), daging ayam, daging sapi, ikan, sayuran, kelapa dan lain sebagainya, untuk pembelian bahan baku ini dibeli dipasar tradisional terdekat. Untuk pembelian bahan baku kami membelinya pada pagi hari, karna bahan-bahannya masih segar. Pengolahan bahan baku kami melakukannya sendiri, tanpa adanya pembelian bahan jadi.
Untuk pengolahan bahan baku rumah makan kami memiliki 4 karyawan, yang tugas dari masing-masing karyawan tersebut ada yang bagian untuk pemilihan dan pembersihan bahan baku, ada untuk pembersihan alat-alat yang sudah dipakai, dan untuk proses memasak bahan baku tersebut. Untuk bagian depan dirumah makan kami, kami memiliki 4 karyawan, dimana tugas masing-masing dari mereka yaitu untuk penyajian, melayani dan kasir. Untuk pesan antar pada saat ini kami memiliki satu kurir untuk pesan antar. Jadi rumah makan kami memiliki 9 karyawan, dimana tugas dari masing-masing mereka sudah dijelaskan diatas.
Tanah dan bangunan yang kami miliki merupakan sewaan yang dimana untuk biaya sewanya dibayar pertahun, untuk alat tulis seperti pulpen, buku, nota pembayaran kami menyediakannya dikasir dan ruang manajer sebagai bahan untuk pembukuan dari rumah makan kami. Untuk kursi dan meja dirumah makan ini satu meja dengan 4 kursi dan satu meja dengan 6 kursi masing-masing ada 5.
Untuk nominal harga dari semua yang diatas akan dibahas pada aspek keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar